Senin, 25 November 2013

Berbicara di depan Umum


    Mungkin kebanyakan dari kita sulit atau enggan jika diminta berbicara di depan khalayak ramai atau di depan umum. Kebanyakan merasa tidak percaya diri, gugup, takut akan terjadi kesalahan saat berbicara atau bisa jadi terjadi hal- hal buruk yang tidak diinginkan sehingga akan mempermalukan diri sendiri.
    Hal- hal atau fikiran seperti itu akan membuat diri menjadi takut, enggan berbicara di depan umum. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gugup atau sedikit mengurangi resiko terjadinya kesalahan saat berbicara di muka umum ?

1. Kuasai materi
        Pertama kita harus memahami dan menguasai terlebih dulu tentang apa yang akan kita sampaikan kepada oranglain. Jika diminta berbicara secara mendadak, apa yang harus dilakukan sedangkan kita tidak punya persiapan? Sampaikan saja hal- hal yang anda tau dan benar- benar paham bukan sekedar perkiraan atau hanya kata yang anda dengar dari orang lain. Yang paling penting yang anda sampaikan itu sesuai dengan tema atau topik yang dibicarakan.

2. Latihan
        Semua hal/ keahlian umumnya tidak akan bisa secara mendadak, begitupun berbicara meski hanya bicara itu juga membutuhkan latihan. Latihan diperlukan untuk memupuk ketrampilan berbicara, melatih percaya diri di depan umum. Mungkin dapat berlatih sendiri terlebih dahulu kemudian berlatih di depan beberapa orang, jika sudah trampil mungkin bisa mencoba berbicara di depan orang banyak.

3. Mengatur nafas
       Dalam berbicara kita juga tidak hanya asal kata- kata keluar dari mulut kita. Dalam berbicara juga perlu pengaturan nafas agar tidak cepat lelah. Bayangkan saja apabila kita diminta berbicara dalam jangka waktu yang lama dan kita hanya asal asalan tidak mengatur nafas, mungkin baru sebentar berbicara kita sudah lelah dan tenggorokan terasa kering dan harus. maka dari itu pengaturan nafas juga diperlukan dalam berbicara.

4. Pemilihan kata dan sopan santun
       Saat menyampaikan sesuatu tentunya harus digunakan kata kata yang mudah dipahami pendengar serta tidak adanya unsur yang menyinggung atau berkaitan dengan masalah ras, suku, agama dan lainnya. Dalam bersikap juga tidak boleh asal asalan, saat berbicara kita tidak boleh membelakangi pendengar atau audiens, berikan perhatian secara menyeluruh sehingga semua audiens merasa bahwa mereka juga bagian dari keseluruhan. gunakan pula pakaian yang pantas dan sesuai dengan keadaan suasana dan tema.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gugup atau untuk menumbuhkan rasa percaya diri saat berbicara di depan umum.
Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar